Rabu, 01 November 2017

Mengapa Dinamakan Masjidil Haram, Bukan Masjidil Halal? Ini Penjelasannya...

Sahabat Bagikan Yah - Masjidil Haram adalah sebuah masjid di kota Mekkah, yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini juga merupakan tujuan utama dalam ibadah haji. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka’bah, yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam mengerjakan ibadah Shalat. Masjid ini juga merupakan Masjid terbesar di dunia.
Mungkin banyak sekali diantara pembaca yang sudah tahu jawaban pertanyaan diatas. Akan tetapi tahukah anda bahwa pengertian dan arti masjidil haram yang disebut dalam Alqur’an sesungguhnya sangat luas sekali.

Berkaitan dengan Masjidil Haram, tahukah Anda mengapa masjid ini dinamakan Masjidil Haram?

Diantara maksud dan arti masjidil haram seperti yang diterangkan dalam Al Qur’an adalah sebagai berikut:

Ka’bah
Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 144
وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَحَيْثُ مَا كُنتُمْ فَوَلُّواْ وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُ
Yang dimaksud masjidil haram dalam ayat diatas adalah ka’bah al musyarrofah.
Masjidil Haram (suatu masjid di tanah suci Makkah yang di dalamnya terdapat Ka’bah)

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:
عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةٌ فِي مَسْجِدِي هَذَا أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلَّا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلَاةٌ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلَاةٍ
Yang dimaksud masjidil haram dari hadits diatas adalah suatu masjid yang berada di tanah haram yang didalamnya terdapat Ka’bah. Kata Al Haram disini merujuk pada tanah suci Mekkah yang didalamnya dilarang untuk berbuat yang diharamkan oleh Allah SWT.

Semua Tempat di Mekkah Al-Mukarramah
Firman Allah SWT dalam surat Al Isra’
سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
Nabi muhammad SAW ketika ber isra’ dimulai dari Masjidil Haram, dan maksud Masjidil Haram disini adalah kota Makkah itu sendiri.

Serta ayat :
هم الذين كفروا وصدوكم عن المسجد الحرام والهدي معكوفا أن يبلغ محله
Ayat diatas turun karena orang orang kafir quraisy makkah waktu itu melarang dan menahan Nabi Muhammad SAW untuk masuk kota Mekkah di suatu tempat di mekkah yang bernama hudaibiyyah.

Tanah Haram di Makkah
Allah SWT berfirman:
يا أيها الذين آمنوا إنما المشركون نجس فلا يقربوا المسجد الحرام بعد عامهم هذا وإن خفتم عيلة فسوف يغنيكم الله من فضله إن شاء إن الله عليم حكيم
Yang dimaksud dengan Masjidil Haram sesuai ayat diatas adalah Tanah Haram yang berada di Makkah Al Mukarramah. dan tidak semua tempat di Makkah adalah tanah haram, karena ada batas batas tertentu.

Demikian beberapa pengertian Masjidil Haram, semoga bermanfaat.

Sumber: redaksiana-islam.blogspot.co.id
Semoga Bermanfaat
Tolong Share Atau Bagikan Artikel ini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengapa Dinamakan Masjidil Haram, Bukan Masjidil Halal? Ini Penjelasannya...

close